Wednesday, October 14, 2015

bangun pagi

sudah mau menikah, masalah apa yang pertama kamu bayangkan?
bangun pagi. iya. itu jawaban buat gw.

gw anaknya sangat menghargai waktu tidur. anehnya hanya tidur pagi, bukan tidur malam. kalo tidur malam malah sukanya malam-malam menjelang jam 12, kalo kecepetan jam 9 gitu serasa cupu atau sayang gitu loh padahal masih bisa dipake nonton runningman atau apa. sedangkan pagi-pagi karena gw anaknya cepat dan praktis, jadi siap2 sebelum berangkat kerja bisa sangat efektif sehingga bangun mepet waktu pun bisa dan jadi merasa produktif.

gw gak tau kenapa fenomena ini terjadi. mungkin terbentuk pas selama jadi anak kos? karena kakak gw yang pertama yang dulu ngekos di jogja juga kayak gini persis sih. hmm..

yah anyway, ini menurut gw kebiasaan yang buruk dan memang harus diubah. apalagi karena pacar gw anaknya bangun pagi banget. pas libur pun bangun pagi heran gw juga, padahal kalo hari minggu gitu yah masih goler2 di kasur jam 9 kan enak banget. oke sebenernya harus diubahnya karena alasan kedua sih bukan yang pertama. eh tapi kalo dipikir kan emang bener sih gak mungkin kan lo udah jadi istri orang masih bangun siang. apa kata dunia. apa kata mertua kalo lg nginep di rumah. apa kata kakak ipar. diomelin suami lagi. BAYANGKAN!

apalagi yah apalagi kalo punya anak, kalo jadi ibu yang kerja, gimana pun kondisinya pasti sudah mengharuskan untuk bangun pagi. siapin kopi buat suami. mandi duluan. walaupun misal ada pembantu gitu tetep aja sih menurut gw.

iya itu yang gw pikirkan sebulan menjelang hari H. cetek ya? ini cetek tapi berat loh ujungnya. kan big picturenya berarti membayangkan lo jadi part of other family gitu, lo harus menyesuaikan diri dengan anggota keluarga baru dan tanggung jawab baru. hahah entah deh mungkin ini panic syndrome yang bikin gw jadi mikirin hal yang gak seharusnya dipikirin karena sebenernya masih banyak hal penting yang harus dipikirin.
bisa banget gw list hal2 penting yang seharusnya gw pikirin, tapi makin di list malah takut makin panik jd jangan deh hahha.

jadi tadi gw sama temen gw berpikir gimana cara gw mulai merubah kebiasaan gw ini. setelah berdiskusi dan lolos kajian yang ketat, kita memutuskan begini caranya:

1. ubah mind set dari 'persiapan mepet itu efektif'. harusnya gw mikir: 'makin banyak kegiatan yang bisa gw lakukan di pagi hari kalo gw bangun lebih pagi'. ini sebenernya mirip sama kata pepatah 'bangun pagi banyak rejeki' sih.

2. list kegiatan yang biar bikin gw merasa worth it untuk bangun pagi. jadi tadi gw lgsg sekalian ngelist hal2 yang emang harus gw lakukan selain latihan jadi istri yang baik maupun persiapan pernikahan. kayak: baca novel yang dari dulu gak gw habis2in, beres-beres lemari, masak?, dandan?, latihan nari (iya adat palembang mesti nari huhu diliatin orang banyak lagi), siap2in undangan, etc

3. perbaiki waktu tidur. gw selalu tidur malam. dan gw tau itu salah satu penyebab lambung gw bermasalah. jadi gw harus bikin waktu maksimal tidur jam 10!

4. laksanakan! jangan wacana! kayaknya kebiasaan anak kos gw belum berubah banget sih haha gw masih nulis poin nmr 2 di post it sebelah tempat gw tidur hahaha

oke itu saja tulisan saya hari ini. semoga bermanfaat dan terima kasih.
doakan saya berhasil.

cheers,
OKS

No comments: